Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air, Sikap Patriotisme Serta Bela Negara, Satgas TMMD 109 Berikan Wasbang Kepada Generasi Muda.

7

InfoaktualNews.com, Sumbawa –

Guna menumbuhkan, meningkatkan rasa cinta tanah air, sikap Patriotisme serta tumbuhkan kedisiplinan pada generasi muda khususnya di kalangan pelajar, Satgas TMMD 109 Kodim 1607/Sumbawa memberikan penyuluhan Wawasan Kebangsaan di Balai Pertemuan Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa. Kamis (08/10).

Kegiatan ini dilaksanakan merupahkan salah satu sasaran non fisik TNI Manunggal Membangun Desa ke 109 yang digelar Kodim 1607/Sumbawa di Desa Jotang Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa.

Di hadapan Perwakilan Mahasiswa UTS Sumbawa dan pelajar Danki Satgas TMMD 109 Kapten Inf I Wayan Suledra menyampaikan, maju mundurnya masa depan bangsa sangat bergantung pada generasi muda. Oleh karenanya selain harus mumpuni dengan bekal ilmu pengetahuan sesuai keilmuan, generasi muda juga harus berkarakter dengan pondasi mental yang kuat juga memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi.

Menurut Danki Satgas, pondasi mental yang berkarakter akan terwujud ketika keselarasan antara kecerdasan religius, kecerdasan intelektual, serta kecerdasan spirual dimiliki setiap generasi muda “Bilamana ketiga kecerdasan itu dikelolah dengan baik dan maksimal, maka akan lahir kesadaran, kedewasaan, serta rasa tanggung jawab yang tercermin dari pola pikir, pola sikap, dan pola tindak tentunya generasi yang diharapakan dengan sendirinya akan siap menghadapi kompleksnya derasnya tantangan arus globalisasi”, jelas Danki Satgas.

Wasbang Patriotisme bertema Nasionalisme Dan Bela Negara yang disampaikan oleh Danki Satgas sebagai salah satu upaya menanamkan, meningkatkan pemahaman meliputi Pancasila, bela negara, cinta Tanah Air, serta sekilas tentang konsep pertahanan negara.

Selanjutnya Danki Satgas mengupas habis materi wawasan kebangsaan dan cinta tanah air dengan modul slide yang mudah dipahami serta diterima oleh kalangan Mahasiswa dan pelajar.

Nunung Komalasari (22) merupakan salah satu Mahasiswa UTS Sumbawa yang mengikuti kegiatan Wasbang tersebut sangat mengapresiasi kegiatan penyuluhan yang diselenggarakan oleh Satgas TMMD 109. Menurutnya, materi Wasbang sangat membantu dalam penanaman akar moral, etika, mental dan disiplin para pelajarnya. Secara pribadi Ia berharap, kegiatan Wasbang ini dapat terus berlanjut ke depannya.

Disela-sela kesibukannya, Dandim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos, M.Tr (Han) selaku Dansatgas TMMD ke 109 mengatakan selain untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, kegiatan ini juga dapat memupuk jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada para generasi muda.

“Wawasan kebangsaan harus dipahami setiap warga negara sejak dini, karena tumbuhnya rasa cinta tanah air, nasionalisme, patriotisme ketika kita mengenal lebih banyak tentang bangsa indonesia yang kaya akan sumber daya alam, sumber daya manusia, adat istiadat, budaya, dengan kebhinekaan karena dengan kita mengenal diharapkan akan tumbuh rasa cinta tanah air, bela negara, nasionalisme, patriotisme sebagai implementasi dari pemahaman tentang Wasbang ini sangat penting,” ungkap Dansatgas. (IA-1).