TNI  

Kodam I/BB Siapkan Pasukan Bantu Poldasu Hadapi Aksi Demo Anarkis

Medan – Infoaktualnews.com,-  Kodam I/Bukit Barisan menyiapkan pasukannya untuk membantu Polda Sumatera Utara menghadapi aksi demo anarkis yang  di wilayah provinsi multi etnik itu.

Kesiapan itu tergambar dari dilakukannya Apel Gelar Pasukan TNI dari tiga matra di Lapangan Benteng Medan, Rabu (14/10/2020).

Apel dalam rangka antisipasi perkembangan situasi di Provinsi Sumut ini dipimpin oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Didied Pramudito, dengan komandan apel, Danyon Armed 2/105 KS, Letkol Arm Hendrik Setiawan.

Amanat Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah, MA, MSc, yang dibacakan Kasdam I/BB menjelaskan, apel ini digelar sebagai antisipasi dari aksi demo dari beberapa komponen masyarakat pada 8 Oktober 2020 lalu yang kemudian mengarah kepada anarkisme, perusakan dan pembakaran beberapa fasilitas dan perkantoran di seluruh wilayah Tanah Air.

Hal ini tentu berpengaruh terhadap situasi keamanan secara nasional. Ancaman terhadap keamanan wilayah merupakan ancaman yang dapat menjatuhkan kehormatan dan kedaulatan negara, martabat serta kewibawaan pemerintah.

“Oleh karenanya, untuk mengantisipasi berbagai potensi ancaman tersebut, TNI khususnya Kodam I/BB bersama Lantamal I/Belawan, Kosekhanudnas III Medan, Lanud Soewondo serta Wing III Paskhas siap membantu Kepolisian bersama institusi terkait lainnya dalam operasi pengamanan secara terpadu dan sistematis,” jelas Kasdam I/BB.

Apel gelar pasukan ini, lanjut Kasdam I/BB, dilaksanakan untuk mengetahui sampai sejauh mana kesiapan satuan jajaran TNI di wilayah Provinsi Sumut secara keseluruhan, baik personel, materiil maupun sarana pendukung pengamanan lainnya.

“Saya berharap pada pelaksanaan pengamanan ini agar lebih ditingkatkan koordinasi dan kerja sama yang terencana, terarah dan terkendali, dengan tetap berpedoman pada disiplin pelaksanaan Protokol Kesehatan dengan melakukan 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga

jarak, agar sasaran dan tujuan pengamanan dapat dicapai dengan optimal dan sukses,” pesan Kasdam I/BB.

Pati TNI AD lulusan Akmil 1987 ini berpesan agar seluruh personel selalu mengantisipasi  setiap perkembangan situasi di lapangan maupun usaha-usaha dari pihak tertentu,  sehingga wilayah yang menjadi tanggung jawab bersama tetap kondusif dan terjaga dengan aman dan terkendali.

Melalui apel gelar pasukan ini, saya berharap dapat menambah motivasi dalam melaksanakan tugas pengamanan dengan benar dan sukses, sehingga menjadi kebanggaan dalam pelaksanaan tugas dan kebanggaan masyarakat. Saya mewakili Pangdam I/Bukit Barisan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada seluruh Prajurit TNI dan Polri serta semua pihak yang terlibat, atas kesiapan tugas masing-masing untuk dapat mewujudkan kesiapan operasional dalam rangka antisipasi perkembangan situasi di Provinsi Sumut. Mari bersama kita jaga dan ciptakan rasa aman kehidupan berbangsa dan bernegara di alam demokrasi ini,” pungkas Didied.

Turut hadir dalam apel gelar pasukan ini, antara lain Danlantamal I Belawan, Pangkosekhanudnas, Danlanud Soewondo, Danwing III Paskhas, LO TNI AL, LO TNI AU, para PJU dari Kodam I/BB, Lantamal I Belawan, dan Kosekhanudnas III Medan, serta Dandim 0201/BS dan para Danyon BS wilayah Medan.

 

Sumber: Pendam I/BB

Editor   : Rahmat Hidayat

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)