SINERGITAS DENGAN DINAS KESEHATAN TMMD 109 KODIM 0208/AS SOSIALISASI PENCEGAHAN COVID 19

3

BATU BARA- Infoaktualnews.com,- TMMD NON FISIK. Salah satu sinergitas dengan Pemerintahan Kabupaten saat pelaksanaan kegiatan TMMD kali ini adalah bersinergi dengan Dinas Kesehatan Batubara.

Kegiatan sinergitas kali ini berupa memberikan sosialisasi tentang pencegahan Covid 19 kepada masyarakat.

 

Pemberi materi kali ini Serketaris Dinas Kesehatan bapak Dr. Deni Syahputra menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada dan mengantisipasi terhadap Virus Corona.“Virus ini juga diidentifikasi pada akhir Desember 2019 dan sudah menjangkit beberapa negara salah satunya negara kita”.(12/10/2020)

 

Melihat daerah Kabupaten Batubara yang terletak berdekatan dengan pelabuhan dan berbatasan langsung dengan negara lain, maka masyarakat Batubara harus waspada terhadap penyebaran virus corona.

 

Saat ini, Dinas Kesehatan Batubara bersama pihak terkait telah meninjau beberapa lokasi yang dicurigai sebagai akses pintu masuk menuju Kabupaten Batubara. Seperti pelabuhan, daerah-daerah pelabuhan tikus yang ada di Batubara.

 

“Kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk dapat berprilaku hidup bersih dan sehat. Konsumsi makanan sehat. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan,” ujarnya.

 

Dalam kesempatan ini juga disampaikan kepada masyarakat mengenai gejala klinis virus corona. Mulai dari gejala demam, batuk, pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan serta letih dan lesu.

 

Ia juga menjelaskan kepada masyarakat mengenai pencegahan penyebaran virus tersebut. Pertama, sering cuci tangan pakai sabun. Selanjutnya, gunakan masker bila batuk atau pilek. Konsumsi gizi seimbang, perbanyak makan sayur dan buah. Hati-hati apa bila kontak dengan hewan. Rajin olehraga dan istirahan cukup. Jangan mengkonsumsi daging yang tidak dimasak serta bila batuk, pilek dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan.

 

Pada kesempatan sosialisasi ini, Kinerja TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Kodim 0208/AS terus melaksanakan rangkaian program yang telah direncanakan secara matang sejak jauh hari. Dalam ini juga terkait dengan kegiatan non fisik. “Salah satunya kegaitan non fisik yang di laksanakan Satgas TMMD ke 109 Kodim 0208/AS adalah sosialisasi  Pencegahan Covid 19 dan lingkungan hidup terkait dengan kondisi wabah virus Covid 19 yang merambah di hampir seluruh negara didunia, kegiatan non fisik ini dilaksanakan di Balai Desa Kwala Gunung,  Kecamatan Datuk Limapuluh, Kabupaten Batubara, Senin (12/10/2020). (Rahmat Hidayat)